Ribbon UI! Tampilan baru untuk LibreOffice

Wait, ada yang menarik di LibreOffice versi terbaru yang rencananya akan di rilis bulan Januari tahun 2017 ini. Ribbon UI!!! Salah satu kekurangan aplikasi perkantoran berbasis open source ini yang membuatnya terlihat nampak jadoel! Jadoel? Yes! Mo saya atau siapapun pencinta tampilan klasik berargumen, buat kebanyakan pengguna Microsoft Office tetap aja mereka berargumen tampilan Microsoft Office jauh lebih cantik dengan Ribbon UI nya.

Apa sih Ribbon UI?

Definisi ala saya, Ribbon UI adalah sebuah revolusi user interface yang dibikin tenar oleh Microsoft melalui Office 2007 nya. Microsoft yang melakukan revolusi ini? ngga juga, karena sebenarnya istilah ini sudah mulai ramai dibicarakan sejak tahun 1980an, barang jadul yah? Itulah hebatnya, I don’t like MS thing, but still saya salut dengan kemampuan marketing mereka, mereka dapat mengemas barang yang sebenarnya sudah usang menjadi sesuatu yang fenomenal.


Tampilan Ribbon UI (wikipedia)

Masih blom punya bayangan perbedaannya dengan tampilan klasik? Buat kita” yang baru dan terbiasa pake Office 2007 keatas, akan saya kasih liat bedanya tampilan ini dengan tampilan klasik seperti dibawah ini.

Tampilan LibreOffice 5.3
Tampilan klasik LibreOffice

Tampilan Ribbon UI LibreOffice 5.3
Tampilan Ribbon UI LibreOffice

Udah liat bedanya kan? Keren? Hmmm… buat saya sih biasa saja, bikin ribet malah. Tapi bagi banyak orang ini keren banget, dan saya tidak dapat menghakimi pendapat anda atau mereka bukan?

Penasaran?

Buat yang penasaran dengan tampilan baru LibreOffice ini, kita bisa mencobanya pada LibreOffice versi 5.3 (Developer version, saat ini sudah beta2). Pertamakali yang dilakukan adalah mengaktifkan mode experimental, buka menu Options > LibreOffice General > Advanced. Centang bagian Enable experimental features.

Setelah kita aktifkan mode experimental. Restart LibreOffice, kemudian klik menu View > Toolbar layout > Notebookbar. Selamat kita sudah dapat bermain-main dengan tampilan Ribbon UI nya LibreOffice.

So, what the news?

Yes, the great news is, fitur ini akan menjadi salah satu pilihan yang ditawarkan oleh LibreOffice. Klo dari apa yang saya coba dari versi developernya LibreOffice, kemungkinan kita bisa memilih untuk tetap menggunakan tampilan klasik atau tampilan ribbon.

Roadmap peluncuran versi final LibreOffice 5.3 bisa dilihat di https://wiki.documentfoundation.org/ReleasePlan/5.3

So, tunggu tangal mainnya yah 😉

A. Hardiena

Teknoblogger, Linux Addict yang juga Pengembang Linux Zencafe, meraih penghargaan dibidang open source oleh Menkominfo M. Nuh dan Menristek Kusmayanto Kadiman. Saat ini berlabuh disalah satu perusahaan media terbesar Indonesia, VIVA.co.id. Hobi wisata kuliner dengan beberapa aktivitas seperti Koordinator IGOS Center, Koordinator Pokja Asosiasi Open Source Indonesia, Pembina Asosiasi Warnet Linux & Open Source Indonesia dan KPLI Bekasi.

2 thoughts on “Ribbon UI! Tampilan baru untuk LibreOffice

  1. Molavi Reply

    Tampilannya gan?

    • A. Hardiena Reply

      Yes, tampilannya. agak telat sih tapi tak mengapa lah 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *