Merdeka atau Swiping!!!

Hari ini, 62 tahun sudah kita merdeka dari penjajahan bangsa asing. Penjajahan fisik yang didera tahun demi tahun bahkan ratusan tahun silih berganti.

Marilah kita renungi sejenak makna kemerdekaan ini, kemerdekaan untuk berdiri diatas kaki kita sendiri, kemerdekaan untuk mengelola negara kita sendiri, walaupun tidak bisa kita pungkiri masih banyak ketidak sempurnaan yang kita dapat, masih banyak belenggu yang kita rasakan.

Tidak ada yang sempurna, tidak ada kemerdekaan mutlak, tapi apakah kita harus menyerah terhadap kondisi seperti ini? Pernahkah terpikir oleh anda bahwa open source adalah sebuah jalan kemerdekaan, kemerdekaan terhadap belenggu dominasi suatu kekuatan yang besar? kemerdekaan terhadap suatu ketidakpastian? kemerdekaan untuk mengetahui isi dari apa yang kita bayarkan? Dengan open source kita merdeka untuk mengekpresikan diri kita, dengan open source kita merdeka untuk mengatakan tidak terhadap sistem operasi dan aplikasi “bajakan”, dengan open source kita lebih menghargai bahwa hasil karya orang lain bukanlah hasil karya yang dapat kita perbanyak dan gunakan dengan semena-mena, karena apabila hal ini terjadi pada diri kita sendiri, kita akan merasakan sakit yang sama, kekesalan yang sama dengan developer produk yang telah kita “bajak” selama ini.

Zencafe, sebagai produk open source merupakan sebuah ekspresi bahwa bangsa kitapun bisa melakukan dan membuat sistem operasi yang sekelas dengan sistem operasi yang selama ini kita “bajak”. Zencafe, sebagai produk open source merupakan sebuah apresiasi bahwa semahal apapun produk yang mengakibatkan banyaknya pembajakan bukan berarti kita bisa dengan semena-mena membenarkan terjadinya pembajakan tersebut. Kita masih punya alternatif, kita masih punya sistem operasi yang sekelas dengan yang kita “bajak”, kita masih punya harga diri.

“Saya tidak membajak! Saya menghargai karya orang lain! Saya percaya atas kebebasan yang saya miliki! Saya tidak mau terkukung oleh produk tertentu yang notabene tidak saya tau secara pasti apa yang saya dapatkan dari produk tersebut! Saya memerdekakan diri saya!”

Dihari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 62 ini, izinkan saya untuk turut menyemarakkan semangat yang dibawa oleh para pejuang-pejuang kita dulu, Izinkan saya untuk meneriakkan yel Merdeka!!! Izinkan saya menawarkan kemerdekaan kecil yang selama ini saya rasakan!!! Izinkan saya untuk mempersembahkan Zencafe 1.2, sistem operasi open source yang bebas untuk anda gunakan, anda perbanyak, anda modifikasi sebagaimana tercantum dalam policy GPL yang dimilikinya. Sistem operasi dengan lisensi bebas biaya dengan kemampuan yang setara dengan anda dapatkan selama ini bahkan tanpa harus membajak, bahkan tanpa harus takut dikejar-kejar oknum, tanpa harus di sweeping!!!

Kita sudah tidak berjuang dengan bambu runcing Bung! Kita berjuang dengan prinsip! Kita berjuang dengan kesadaran bahwa sudah hak kita untuk mendapatkan apa yang kita bayarkan. Kita berjuang untuk membebaskan diri dari monopoli vendor tertentu. Kita berjuang dengan open source. Merdekakan diri anda!!! Merdekakan warnet anda!!!

Download:
http://zencafe.blog.or.id/zencafe-1.2.iso (International)
ftp://dl1.foss-id.web.id/iso/zencafe/1.2/zencafe-1.2.iso (OpenIIX)
ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/zencafe/1.2/zencafe-1.2.iso (Telkom)
ftp://slackware.linux.or.id/pub/zencafe/iso/zencafe-1.2.iso (IIX)

Tutorial installasi:
http://www.ahardiena.uni.cc/downloads/instalasi-zencafe-1.2.pdf
ftp://dl1.foss-id.web.id/iso/zencafe/1.2/instalasi-zencafe-1.2.pdf

Fight for your freedom, free your self with open source. Selamat hari kemerdekaan.

A. Hardiena

14 thoughts on “Merdeka atau Swiping!!!

  1. rafaeljowo Balas

    hmmmm, membaca blog om anjar jadi semangat nih, merdeka merdeka merdeka :). selamat buat om anjar atas diluncurkannya Zencafe 1.2 cuman screenshot terbaru dimana ya om 😀

  2. Yusuf KS Balas

    Ini adalah salah satu cara untuk memajukan bangsa Indonesia. Mas A. Hardiena berjuang dengan membuat ZenCafe, sebuah distro Linux yang tujuan khususnya untuk penggunaan warnet di Indonesia (bahkan di luar Indonesia).

    Btw, waktu saya mencoba install ZenCafe 1.0 secara default tidak ada boot loadernya, tetapi pada versi 1.2 ini sudah ada boot loader LILO (saya baca dari manual instalasinya). Saya akan download versi baru ini kemudian mencobanya di PC saya.

    Ganbatte! A. Hardiena! Kembangkan terus ZenCafe-nya 🙂

  3. Rudy Hartono Balas

    tanya nih kang, zencafe 1.2 sudah bisa buat gyachoo ya?, klu sdh bisa harus donwload dimana versi tgz nya?, klu kang anjar punya tolong upload in donk plz, penting soalnya untuk diwarnet
    matur nuhun

  4. linuxer Balas

    sayang malah enggak komplit seperti versi 1.0 tidak ada billingnya dsb :((

  5. A. Hardiena Balas

    ada kok billingnya di Zenpanel, mungkin ketutup kali, coba di maximize Zenpanelnya 😀

  6. Rudy Hartono Balas

    kabar gembira bagi teman-teman pecinta Yahoo Messenger di windows setelah googling kesana kemari akhirnya ketemu juga linknya Gyachoo Messenger untuk linux, hebatnya lagi zencafe 1.2 sudah support dengan Gyachoo Messenger, tinggal ekstrak format debian dengan xarchiever ketemu folder usr tinggal copy paste ke file system pakai root, buat shortcutnya di desktop dengan command: Gyachoo
    Selamat mencoba !!!

  7. Rudy Hartono Balas

    untuk mas linuxer, zencafe 1.2 sudah jauh lebih baik dari versi 1.0 dengan mengadopsi kernel dan aplikasi terbaru seperti : firefox 2.0.0.4, openoffice 2.2, x-chat 2.8, dan support untuk gyachoo messenger. Zencafe 1.2 telah memangkas fitur2 yang kurang penting untuk mendongkrak kecepatannya.
    Singkatnya Zencafe 1.2 Distro paling pas untuk warnet / internet cafe

  8. sherley mariana Balas

    cara print screen di zencafe gimana sih kok nggak bisa-bisa ?

  9. Jay Balas

    Om, nanya dong..

    Zencafe ada fitur remote desktop or VNC nya gak? Kalau ada kan lumayan enak, kalau ada user nanya (dan biasanya byk, maklum pada biasa make windows), pc nya bisa di remote aja dr jauh..

    Thx!

  10. A. Hardiena Balas

    @rudi hartono, makasih om buat informasinya, jadi temen2 yang pengen coba gyachoo di zencafe bisa ngikutin petunjuk yg om kasih

    @sherley mariana, ada 2 cara yg bisa digunakan di zencafe untuk mengambil skrinsut/print screen. pertama dengan menggunakan gimp, yang kedua dengan menambahkan panel “Screenshoot” dengan mengklik kanan panel dibawah dan “Add New Item”

    @jay, vnc untuk zencafe bisa di install menggunakan netpkg dengan mengambil salah satu server zenwalk.

  11. ucan Balas

    Keep Rage… Go Wild, n make anything make sense……….!!!!!

  12. Jay Balas

    Thx om atas jawabannya..

    Satu lagi nih om.. Xarchiver nya gak jalan kalau login pake user.

    Btw, zencafe gak ada forum khususnya ya?

  13. Newbie Balas

    Bung A.hardiena yang terhormat, pertama-tama saya ucapkan selamat atas diluncurkannya zencafe 1.2, tetapi saya masih bingung untuk menambahkan item di kernel module, saya punya sound card type :
    CS 4236 B dan tidak terdeteksi oleh kernel module zencafe tetapi dapat dideteksi di module punya vector, yang saya tanyakan dapatkah saya menambahkan item snd CS 4236 B di kernel modul zencafe? Bagaimana caranya? sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

  14. Denny Balas

    Salam juragan,

    udah nyobain Gyachoo. ternyata muncul problem selalu gagal login dengan pesan could not login : connection time out. padahal saat saya menggunakan pidgin lancar-lancar aja. saya pikir masalahnya ada pada server yahoo, lalu saya coba ganti pager server dengan cn.scs.msg.yahoo.com dan cs101.msg.mud.yahoo.com, tetep aja g bisa. ada yg bisa bantu kendala apa nih…? oya, koneksi internet saya lancar dan tidak ada masalah. saat saya login dengan meebo atau ebuddy juga bisa.

    tengs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *