Blunder pembenaran Warnet OS bajakan…

Beberapa tahun yang lalu warnet-warnet di Indonesia ditempa “musibah”, mereka yang tadinya duduk manis tanpa tahu klo pake OS bajakan adalah ilegal tiba-tiba dirazia, besar-besaran, seluruh Indonesia! Banyak warnet mengeluh saat itu, para pengusaha minta waktu agar bisa melegalkan diri.

Pengusaha Warnet yang “notabene” mewakili orang kecil dianggap sedang terjajah dan pemerintah yang seolah-olah mewakili orang besar dianggap sebagai yang penjajah. Klasik sebenernya, tapi masih bisa dimaklumi, karena pada saat itu memang belum pernah ada “razia” dan tidak ada sosialisasi klo pake CD yang beli seharga 20rebu di Glodok itu dilarang alias ilegal.

Rakyat (warnet red.) teriak kasihani kami, jangan jajah kami, anak istri makan apa, bagaimana nasib karyawan warnet, dst. Pemerintah setuju mengulur waktu, teman-teman AWARI yang di wakili Bu  Judith MS berhasil meloby Microsoft dengan munculnya MSRA. Berbagai cara ditempuh……

Dua tahun kemudian…….. Teman-teman KPLI sudah bersusah payah mensosialisasikan pengunaan sistem operasi open source, teman-teman AWARI sudah melakukan yang mereka bisa, warnet pengguna open source telah memiliki wadah sendiri (AWALI red.), pemerintah sudah lebih lunak dan sedikit banyak memberikan dorongan penggunaan open source.

Razia kembali terulang…..  Klo dibilang blom ada sosialisasi buktinya sudah banyak warnet yang beli Windows original, sudah banyak warnet yang pake Zencafe, pake Ubuntu…… sudah banyak yang tahu warnet pake bajakan itu ilegal……… tetep aja banyak warnet masih teriak minta belas kasihan…..

Tiap ada isu razia teriak-teriak lah Polisi suruh swiping kantornya sendiri dulu….teriak-teriak lah ga berperikemanusiaan. Maling teriak maling? Udah tau salah nunjuk orang biar dia bisa selamat? Irrasional!  Coward Abis!

Warnet yang pake Windows original ngasih tau suruh beli ori dibilang sok kaya….. Warnet yang pake Linux ngasih tau pake linux dibilang sok pintar….. dibilang pada egois semua……. ga pemerintah yang menindas rakyat kecil….. ga warnet yang pake windows ori….. ga warnet yang pake zencafe, pake ubuntu…. smua egois…… Blunder!!! Yang benar adalah warnet pake bajakan terus mengemis minta dikasihani ini yang EGOIS!

EGOIS? Tentu!!! Warnet yang menggunakan sistem operasi bajakan namun minta dikasihani ada warnet EGOIS klo tidak mau dibilang warnet Super EGOIS!

Ga mau pake Windows original karena mahal? Ya udah pake Linux. Ga mau pake Linux takut ga ada pelanggan takut susah pakenya? Semua warnet Linux mengalami yang namanya susah pas baru-baru pake Linux di warnetnya toh mereka fine-fine aja, banyak yang bangkrut? warnet windows juga banyak yang bangkrut… jangan Linux jadi pembenaran klo warnet yang ente kelola jadi bangkrut. Buktinya klo langganan InfoLinux tiap bulan ada berapa banyak warnet Linux yang muncul dilembar alamat warnetnya????Apa itu ga bisa dibilang bukti klo Linux bukan masalah?

Warnet bangkrut bukan karena OSnya, Warnet bangkrut karena ada yang salah dalam hal manajemen…. entah itu lokasi…. entah cara mencari pelanggan…. entah…. yang punya warnet yang tau……. Simple case, kisah nyata, ada warnet yang ane kenal, pada saat razia gelombang pertam tu warnet sibuk migrasi pake Linux, alesan sepi atau apalah tu warnet balik lagi pake bajakan….. Lima Enam bulan kemudian setelah pake bajakan tu warnet bangkrut…. Sapa yang salah? Linux atau tu warnet yang ada salah dalam hal manajemennya?

Warnet Linux ga bisa itu?  Masih banyak ini yang bisa anda jual…… Warnet Linux ga bisa ini? Masih banyak sela yang bisa ente ambil….. Kreatif…. Biarpun pengusaha warnet adalah pengusaha kelas kecil bukan berarti ga bisa di kelola dengan baik toh?

Jangan menjadikan kebutuhan internet bangsa indonesia sebagai tameng…..Jangan menjadikan kebutuhan makan bangsa indonesia sebagai tameng….. Salah ya salah, meminta keringanan dengan adanya penundaan karena blom ada sosialisasi? Masih bisa dimaklumi……. Tapi setelah 2 tahun sosialisasi berjalan… sudah sekian banyak warnet pake sistem operasi legal masih mengemis minta “dimaafkan” pake bajakan? Blunder…..

41 thoughts on “Blunder pembenaran Warnet OS bajakan…

  1. aaN Balas

    btw… kok msh sepi ya

  2. denic Balas

    jadi inget sama ketua awari yang dulu giat menyuarakan opensource, setelah jadi ketua awari jadi paling di depan untuk mengemis seperti di atas. IRONI….

  3. ghian Balas

    setuju A Anjar, emang aneh orang orang di negara ini , heuheuheue.

    btw “blunder” artinya apa ya?

  4. bazz Balas

    mantap…. setuju abiezzzzzz

  5. Vavai Balas

    Saya sangat setuju sekali 🙂

    #Denic
    BTW, soal ketua AWARI (Irwin), kemarin saya ada bincang-bincang dengan dia soal open source dan dari apa yang saya dengar, AWARI open pada rencana-rencana yang ingin digulirkan oleh komunitas Open Source.

    Selama ini yang datang ke dia kebanyakan dari Propietary, mungkin rekan-rekan Open Source bisa coba contact untuk mengadakan sesuatu kerjasama antara AWARI dengan komunitas Open Source.

  6. Rudy Hartono Balas

    tenang aja Bung Anjar, setau ane disurabaya udah ada 10 warnet yang pakai zencafe 1.2, nanti 5 lagi menyusul hehehe bukannya promosi soalnya ane yang install warnet mereka

    so hajar Bill Gates Dkk dengan wincuknya
    Hidup Linus Torvald dengan OpenSourcenya

    sundul lagi ah 🙂

  7. A. Hardiena Balas

    @denic, betul kata mas vavai, ane sendiri yakin mas irwin (ketua AWARI) tidak akan gegabah untuk hanya mendukung produk tertentu, mungkin kebetulan saja karena gencarny pihak propietary melakukan loby sehingga hanya ini yang muncul ke permukaan, karena sepengetahuan ane mas irwin dan beberapa pengurus AWARI pun cukup banyak yang menggunakan sistem operasi open source di warnetnya.

    @pradna, pertanyaannya udah ane jawab.

    @Rudy Hartono, betul om ane sendiri optimis kesadaran masyakat Indonesia akan masalah HAKI ini lambat laun akan meningkat. Tujuan ane nulis artikel inipun untuk memancing kesadaran teman-teman warnetter yang masih belum sadar dan mudah2an sedikit banyak “tergugah” untuk menyadari klo apa yang dilakukan selama ini dengan meminta diperbolehkan menggunakan produk bajakan adalah tidak benar karena permintaan ini sedikit banyak akan merugikan teman-teman warnetter lain yang telah berusaha untuk legal.

  8. Martinus Ady H Balas

    Go…go.. linux 🙂

  9. redmouse Balas

    ya gitu deh… 😀

  10. silvana Balas

    benar om bukan karena os ya!!
    manajemennya !! jangan os yang disalahkan buktinya tempat saya ada lima warnet semua pakai windows tempat saya pakai linux tapi tempat ku ramai terus Amin!!!

  11. nifeto Balas

    hidup warnet linux!!! hehehehe……. 😀

  12. comnet Balas

    AYOO SEMUA WARNET LINUX………

    mari sama2 buat paket kalo ngenet sampe 3 ato 5 jam, dapet gratis 1 cd zencafe terbaru biar mereka pada nyebarin zencafe di kompi or laptopnya….

    ayo sekolah2, kampus2 pake zencafe…..

    ayo POLISI !!! sering2lah razia warnet bajakan…!!!!

    ayo om Anjar, mari sama2 melinux kan indonesia..!!!!

  13. moerz Balas

    oh…
    yaya…
    saya belum nemu warnet linux…

    ohya…
    saya mau tanya2 soal planet bekasi donk..

    kalau sempat tolong email ke
    [email protected]

    terima kasih…

  14. deddy Balas

    mas mau tanya cara seting canon mp145 ke zencafe gimana caranya

  15. Helmi Balas

    Alhamdulillah saya pake zencafe di warnet saya..
    Lancar.. kalo user gak ngerti,mereka tinggal tanya. It’s eazy..

    Ttg penjajahan, setuju mas Ahardiena. Kita merasa dijajah kalo mereka bawa tentara. Tapi kalo mereka bawa budaya en cara hidup, kita ga ngerasa dijajah dengan hak cipta or HAM.
    Kita masih dijajah!

  16. Helmi Balas

    Btw..
    komputer di warnet pernah disita polisi, 2 komputer masih pake win*, komp admin ‘n komp client.
    nebus sandera 500rb.. uhuk2..
    padahal di kantor polisi sendiri masih pake win* bajakan.. real ash*** !

  17. deanet Balas

    tetep berjuang … selamatkan bangsa dan negara kita dari kaum penjajah kapitalis ..
    merdeka !!!!

  18. raven Balas

    bener, bkn OS yg jd masalah, manajemen sm keparanoidtan yg menjadi kendala, pdhl mah bg gw linux dgn desktop XFCE lbh friendly drpd windows lagian jg orang k warnet, dtg, daftar, bk browser atau ngetik, surfing, saving ke FD atau print, juga burning. lg linux lbh aman dr virus dan warnet jg lbh aman kompinya klo di login bkn sebagai root, yg notabene hny bs ngutak atik home user folder, jg linux g bth hardware mahal klo masalah ngegunain ckp ksh petunjuk penggunaan di desktop. btw salut bwt Zencafe… nanti gw download trus gw tiban windows gw, wakaka…

  19. ietem Balas

    thank ya zencafe….dah 3 minggu ini saya pake zencafe…minggu pertama dan kedua pelangan warnet sepi banget ….tapi sekarang dah mulai normal..dan tanpa saya sangka kemaren orang razia warnet dah 2 tahun buka warnet baru kemaren polisi razia…cuman warnet saya yang tetep buka..warnet yang lain pada tutup..padahal saya iseng2 aja mo ganti linux cari2 di internet….ketemu zencafe..sekali lagi thank ya ….walaupun printernya ampe sekarang ga bisa ngeprint :(.. gpp saya akan belajar terus…he.hehehe

  20. Irwin Balas

    Salah satu resiko jadi pemimpin adalah bakal sering disalah artikan hanya berdasar berita-berita ataupun kabar kabur dan rupanya saya juga sudah terbiasa dengan hal tersebut.
    Tentu jika teman2 semua bisa melihat ke internal kami di Awari akan lebih bisa mengerti langkah-langkah yang kami lakukan.
    -hint: masalah warnet sekarang bukanlah semata-mata perang OS, tapi image negatif masyarakat terhadap internet.

    Kemudian saya juga menegaskan ke teman-teman agar jangan biasakan memandang pihak lain sebagai “negatif” tapi cobalah mengkaji langkah-langkah itu tujuannya apa, lihat efek jangka panjangnya. Pengalaman menunjukkan bahwa kadang saya harus “sleeping with the enemy”. Selama itu untuk mencapai tujuan, saya akan lakukan.

  21. Asrofi Balas

    Apakah mas juga pemilik warnet? Warnet punya mas sekarang pakai windows ORI atau pakai linux?
    mohon di-share dong…
    Terimakaish banyak.

  22. A. Hardiena Balas

    @irwin, betul skali om, saat ini masalah OS bukan lagi jadi isu utama. Mo pake Windows atau pake Linux selama OSnya halal (red: bukan bajakan) silahkan bersaing secara fair. Banyak warnet Linux yang sampe saat ini tidak terpengaruh dengan banyaknya saingan warnet Windows bahkan yang menggunakan bajakan sekalipun, Alhamdulillah warnet ane mengalaminya dan ane rasa warnet entepun mengalaminya. Hanya saja kesan yang muncul saat ini adalah yang pake Windows Ori dan Linux adalah pengusaha warnet bodoh yang mau-maunya keluar duit (win Ori) atau nekat (linux), kenapa harus repot2 keluar duit, kenapa harus nekat, toh pake bajakan juga ga masalah paling klo lagi apes wnetnya kena razia klo ga apes ya selamat mengeruk keuntungan sebesar-besarnya deh (apalagi dengan blunder dan pemutarbalikan fakta yang dilakukan oleh sebagian besar warnet bajakan seperti di artikel yg ane tulis ini) dan ini yang selama ini banyak dikeluhkesahkan teman-teman yang menggunakan sistem operasi legal ke ane baik mereka yang menggunakan sistem operasi Windows original maupun sistem operasi Linux. Memang saat ini internet dipandang negatif bagi banyak pihak, namun bukan berarti untuk merubah sudut pandang negatif tentang internet menjadi positif kita mengesampingkan soal legalitas ini dan menganggapnya bukan masalah yang perlu dipermasalahkan.

    @asrofi, Ane mempunyai sebuah wnet kecil dan menggunakan Linux sebagai sistem operasinya, terlepas dari itu menggunakan Windows ataupun Linux itu merupakan pilihan dan kemampuan. Ane merasa Linux sudah dapat memenuhi semua kebutuhan di Warnet ane bukan berarti hal ini berlaku juga di Warnet ente. Selama kita menggunakan sistem operasi yang legal ane lebih menyerahkan kepada kebutuhan dan kemampuan teman-teman sendiri.

  23. Irwin Balas

    #asrofi,
    Warnet saya di Makassar dan sejak dibuka tahun 2000 menggunakan Linux :), saat ini (di Jakarta) saya lagi tidak punya warnet. Sedang ngumpulin modal.
    #hardiena,
    bukan maksudnya menyampingkan legalitas, namun kami melihat ada persoalan mendasar yang menyebabkan legalitas itu sulit dipenuhi. stigma buruk adalah salah satunya. yang lain adalah tidak mampunya warnet memperlihatkan ke masyarakat sisi positifnya dan beberapa persoalan lainnya. Keyakinan saya adalah: jika bisnis itu berjalan baik, maka legalitas bukanlah masalah.

  24. Raven Balas

    Mungkin internet dicap buruk karena penyalahgunaan fungsinya

    seperti pornsites, hacking, penyebaran virus, game online yg bersifat membuat kecanduan, dsb

    tp manfaatnya sebenarnya lebih banyak, anak sekolah atw kuliah nyari bahan di internet, social network di internet, ngeblog di internet, forum diskusi. dll

    alhamdulillah sejak mendalami linux, yg asyiknya bisa ngalihin dr hal negatif seperti bk situs porno 😀

    jd menurut saya, pihak yg menilai internet negatif hanya melihat dengan sebelah sisi dan tidak objektif yah meski itu hak mereka juga untuk beropini.

  25. arjuna Balas

    Betul juga mas, bukan karena OS nya yang membuat sebuah usaha ( warnet,red ) menjadi gulung tikar, tapi karena manajemen mereka mungkin kurang bagus. Good Luck… Go Go ! Linux !

  26. Tguns Balas

    Thanks buat semuah nya….:)

    Gw baru belajar linux nich tapi banyak kesulitanya…tlng donk sapa yg bisa gw hubungin kirim ke email gw aza yachh …
    [email protected]

    Thakns All

  27. Asep Saepul Mikdar Balas

    Pak… Mohon masukan dan Bantuannya dong,Saya Punya Warnet ada Rencana mo Migrasi dari Windows ke Linux cuma Saya gak Paham Cara dan step2 nya untuk migrasi ke Linux,Maklum Pemula & Awam tentang Linux.
    Bapak bisa kirim masukan dan Bantuannya mengenai cara dan step2 untuk Warnet Linux ke Email : [email protected]

    Terima kasih atas Waktu dan Bantuannya yang Berharga.

  28. kumis Balas

    gua cuma sampaikan unek2, yang jelas pemerintah masih kaya ***, buat aturan ya dijalankan bukan dilanggar sendiri, hanya bikin resah masyarakat, lha ini yang benar mana yang salah mana? gua sendiri pemakai linux, gua cuma sedih sama indonesiaku,

  29. ake Balas

    Buat temen2 yg expert nih di Linux, bantuannya utk paling tidak ngasih referensi di mana saya bisa cari guideline utk hijrah dari Win ke Linux. Warnet mau saya hijrahin, udah brp bulan ini saya rencanakan tapi belum tau caranya dan masih takut utk utak atik tanpa ada guide yg jelas. Dan yang sangat penting buat warnet saya adalah deepfreeze & webcamnya.. yg lain saya rasa linux sudah punya, tapi apakah yg 2 ini bisa jalan di zencafe?

    Makasih dan berharapa bantuannya!

    Salam,
    KayNet Lombok

  30. hajime Balas

    power for life…

    kekuatan utk bertahan hidup mendorong saya beralih ke Linux, sembari tidak menginjak-injak hak Microsoft.Saya rasa, apabila semua pemilik warnet berfikiran seperti saya, tidak ada kata susah untuk beralih ke open source.Kenapa orang senang memakai Windows? Karena sejak awal mereka dikenalkan pada barang bajakan yg mudah didapat dan dinikmati.Mulai dari sekolah, hingga perguruan tinggi, bahkan di meja kerja.Ala bisa karena biasa.Mematikan kreatifitas diri, hanya menunggu sesuatu dihidangkan di atas meja, tanpa mau memasak sendiri.
    Sudah sebulan saya meninggalkan Windows (krn MSRA berakhir), tetapi dalam seminggu (Alhamdulillah) saya bisa mengkompilasi, menginstal, dan menyesuaikan Linux di warnet saya. Saya bahkan bukan seorang programer, atau ahli hardware. Saya tidak pernah merasakan namanya kursus komputer, tidak pernah sekalipun menyentuh pelajaran komputer waktu SLTP dan SLTA (ibu sy tdk mampu membiayai saya utk ikut ekstarkurikuler waktu itu). Teman -teman rata2 (yg ahli software Windows) kala itu sangat gengsi mengajarkan kepada saya yg gaptek.Yg ternyata mereka pun rupanya dapat pengetahuan dari barang (maaf) bajakan.
    Namun bukan berarti hal itu membuat saya berhenti. Saya menempuh jalan autodidak. Ngapain? Diam saja berarti bunuh diri, tergilas roda teknologi & informasi.(Sorry agak melenceng neh)…

    Pengalaman itu mengantarkan saya bisa membuka warnet kecil2an, yg meskipun kecil, tapi punya MSRA, dan dengan hormat ketika MSRA itu berakhir, saya beralih ke LINUX.LINUX sendiri jauh lebih mudah dipelajari daripada Windows.

    Intinya, apabila tidak ada kemauan untuk berubah dari pribadi pemilik warnet, saya rasa sangat sulit untuk mereka beralih ke Open Source.

  31. A. Hardiena Balas

    Sebenernya ujian-ujian yang di hadapi pengusaha warnet selama ini, tanpa kita sadari dengan adanya pembatasan-pembatasan seperti soal legalitas sistem operasi di warnet, pornografi dan lain-lain akan menjadikan kita pengusaha warnet yang “tahan banting”.

    Karena inti dari bisnis warnet adalah menjual jasa, bagaimana kita menjual suatu pelayanan terhadap pengguna warnet. Yang di jual warnet bukan sistem operasinya, juga bukan bebas akses website pornonya melainkan bagaimana menjual, that’s it, no more no less.

    Ane pernah dengar cerita tentang seorang penjual sangkar burung di Amerika yang sangat sukses sampai perusahaanya bisa listing di bursa saham, yang klo kita pikir apalah arti sebuah sangkar burung, apa sih kelebihannya, seberapa banyak sih kelebihan feature tu sangkar burung yang bisa pengusaha tersebut berikan sampai bisa mengalahkan pesaingnya namun yang perlu kita ambil hikmahnya adalah bagaimana caranya kita bisa mengemas sebuah sangkar burung sampe menjadi mesin uang bagi pemiliknya. Begitu pula dengan Warnet. 😉

  32. m.dede Balas

    Dua duanya memiliki keunggulan defakto masing masing Linux is Free = Bebas A.K.A not GRATIS ingat-ingat , MS = $ jelas dan tak perlu di Bahas, yg perlu di garis bawahi adalah kesadaran Menghargai HAKI, just it, dengan begitu akan muncul Kreatifitas yang dpt menjual, selamat berbisnis Waroeng Internet with open Source,

    M.Dede
    lagi ngelola warnet 4Pc dengan Distro Varian Ubuntu, masih sepi tapi coba terus ingin berkreasi dan elaborasi dengan open source Peace 🙂

  33. dede s Balas

    Baru mau buka warnet linux di karawang, ada yang bisa bantuin ngga ?, misalnya software apa yang paling bagus (OS) yang harus dipake atawa billing warnetnya apa ?. Tolong dong !. Sankyu nih seblonnya

  34. atta Balas

    mau tanya boz cepetan mana pake zencafe ato window untk browsing dan donlot. trims

  35. isan Balas

    tutorial yang bagus banget mas,
    nanya dikit-dikit yh…!!!!
    gini mas, paman saya kan mau bikin warnet dengan os linux.
    yang mau saya tanya:
    1. distro linux yang paling banyak orang pake apa.?
    2. distro linux yang stabil buat jaringan atau server atau buat print ke server lain apa.?
    3. yang paling stabil kira-kira apa yah.?
    5. server linux banyak orang pake apa..?
    6. os di warnet banyak pake apa.?

    terima kasih banyak mas,
    kalau bisa jawabannya di kirim ke email [email protected]

  36. alle Balas

    mazzz tolong dong infonya,,bagaimana cara instal printer canon 1980 di zencafe.saya baru menggunakan linux. thanks

  37. Asri Mansyur Balas

    di warnet yang saya kerja udah pakai linux zencafe 2.0, ternyata mantap

    cuma saya masih bingung soal print canon MP140 ga bisa terinstall, saya udah coba download tp ga bisa jalan juga….
    ada yang tau ga caranya??? plis bantu aku yah….

  38. ademalsasa Balas

    Terima kasih Pak Hardie sudah berkunjung ke blog saya 😉

    Iya pak, mari sukseskan open source di Indonesia.

  39. bgung Balas

    @asri: kebetulan di warnet aq pake mp 145. (sekarang lagi mangkrak, cause gag bisa narik kertas… hiks) drivernya hanya berbentuk rpm n deb.
    coba diakalin pake deb2tgz atau rpm2tgz.
    baru setelah itu diinstall biasa. terus add printer.
    scannernya juga bisa jalan. printing bisa b/w n clr. tapi max resolusi cuman 600 dpi. printing dari client juga bisa dilakukan dengan sukses.

    langkah-2nya sayang sekali gag saya dokumentasikan. dan rada-2 lupa juga.

    salam
    dS

  40. free FONT Balas

    setuju bang! bukan OSnya tapi blm rejeki aja makana bs bangkrut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *