Zencafe across the globe

Menarik sekali melihat salah satu posting yang dilakukan oleh Royal Pingdom yang berjudul “Linux popularity across the globe” (habis baca2 email dari milis linux-aktivis) dimana didalam posting tersebut disebutkan bahwa “Indonesia is in the top five of four of the distributions”. Dari sekian banyak negara, Indonesia termasuk dalam negara dengan ketertarikan tentang Linux terbanyak di dunia. Ini merupakan “spirit” bagi bangsa Indonesia untuk lebih mengintensifkan penggunaan produk open source ini di berbagai lini.

Dengan metode yang diterapkan oleh Royal Pingdom ini, kita mencoba melihat bagaimana dengan Zencafe? negara mana pengguna terbanyak, walaupun pertanyaan ini lebih sebagai retorika karena tanpa survey pun kita tau negara pengguna Zencafe terbanyak, namun tidak ada salahnya kita mencoba melakukan survey kecil-kecilan. Well, perlu di ingat survey ini tidak menjamin bahwa ini adalah realitas sebenarnya, karena untuk dapat mengetahui hal tersebut perlu dilakukan survey mendalam. Namun, what we do now is just for our fun only. Nothing else.

Berdasarkan Google Insight, Negara dengan ketertarikan terbanyak terhadap distro Linux Zencafe dalam 12 bulan ini adalah negara Indonesia, dilanjutkan dengan Amerika Serikat, Ukraina, Rusia, Filipina, Kenya, Hongkong, Eropa, Finlandia dan German.

Untuk Indonesia sendiri, kota dengan ketertarikan terbanyak terhadap distro Linux Zencafe dalam 12 bulan ini adalah Jakarta, Yogyakarta, dan seterusnya bisa dilihat di Google Insight ini.

Selain berdasarkan survey tadi, berikut adalah beberapa pertanyaan dan komentar yang di kirimkan temen-temen pengguna Zencafe dari berbagai belahan dunia. I’m sorry I cannot publish Email or Name for sender privacy.

Hi, I’am a zencafe user but unfortunately I’am not able to use my scanner on it. I use hpf380 help me install my scanner. Soko Centre Ronald Ngala Street, Kenya.

Can i please you something. Im new in linux, i have internet cafe in Croatia (now XP on PC) and want to migrate to linux. I tried Zencafe and Im very happy with it. I have some problems, can you help me? How can i make webcam (logitech quickcam) to work? I thank you much.

Hello, I am running zencafe @ an german call shop & internet cafe, so I am looking for an answer how to upgrade it. I didn’t found any usefull anwers online but read something about upgrading with netpkg. This above (postingan ane tentang upgrade/update Zencafe) is an interesting question. Bad that I don’t understand Indonesian Language (when it is!). May be u can translate this interesting question into englisch. Thanx across the planet.

Sebenernya masih banyak email dan komentar lainnya terutama dari temen-temen di Indonesia, namun mohon maaf karena keterbatasan yang ada, ane ga bisa mempublish semuanya. Anyway, thank’s to use Zencafe, thank’s karena sudah memberikan kepercayaan terhadap Zencafe untuk mengelola warnet anda.

19 thoughts on “Zencafe across the globe

  1. aaN Balas

    wah semakin mantaf nih….
    SEMANGAT…SEMANGAT,….

  2. eko^jombg Balas

    Zencafe emang woooookeeee

  3. Pradna Balas

    Wah,jadi ada tambahan amunisi buat kampanye linux.

    Thanks.
    πŸ˜€

  4. fadlinux Balas

    pak anjar memang yahud….!!
    top2 .

    oi..pak ajarin linux..dong..
    hehe πŸ˜€

  5. Martinus Ady H Balas

    Sekedar usul om buat ZC, spy lebih OK lagi gmn ditambahin fasilitas buat ngebikin ZC spy jadi PDC server or PDC client kek punya OS Sebelah gitu ? πŸ˜€
    Ane oprek dah jadi cuman tinggal tambah2x fasilitas doank πŸ˜€

    OOT: ZC jadi bukan buat warnet doank dounk ach πŸ˜›

  6. wilo Balas

    Seep Om, maju terus Zencafe………

  7. ferri Balas

    mantaaab…
    sukses buat zencafe

  8. eddy Balas

    Mantab ..
    Sukses slalu buat Bang Anjar

  9. iyank Balas

    Hehehe…Zencafe kerenz
    ajarin donk mas biar lebih dalam lagi menguasai linux

  10. iyank Balas

    boleh donk kirim2 tutorialnya

  11. A. Hardiena Balas

    klo soal tutorial2 tentang linux sebenernya skr udah ga perlu pusing2 lagi. tinggal liat masalahnya apa trus tanya sama om google, asal rajin googling insyaallah bisa deh πŸ˜‰

  12. greg Balas

    siang mas. saya install zencafe 1.4, saya buatkan juga usernya. Tapi pada saat login dengan tipe user, gak masuk desktop. Kalo login root gak masalah? Bagaimana solusinya? Trims

    salam
    greg kupang

  13. A. Hardiena Balas

    coba liat user & passwordnya dari akses root. selama akses root ga ada masalah kita bisa buat user ataupun ganti password kok. coba dari Zenpanel > User Profiles.

  14. onomlakbok Balas

    Terimakasih Om atas karyanya Zencafe. Saya menggunakan Zencafe 1.2 untuk WARNET NIDAR yg merupakan satu-satunya yg “BERANI” pakai LINUX di Kota Banjar.

    Be Linux
    Be Free Man

  15. Wawan HS / Yudi Balas

    Kami menginformasikan kepada semua pengguna opensource bahwa Kementerian Negara Riset dan Teknologi sedang membuat website khusus untuk direktori pengguna opensource, dengan nama : http://www.dosi.web.id. Kami sedang mengusahakan akhir bulan Juli 2009 sudah bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Username dan password yang disertakan dalam form pengisian data digunakan untuk mengupdate data anda sewaktu-waktu.
    Demikian informasi kami, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

    Hormat kami,
    Admin dosi

  16. Wawan HS / Yudi Balas

    Yth. Bpk. A Hardiena

    Dengan hormat,
    Kami minta alamat email anda / para pengguna opensource yang anda kenal, krn kami akan kirimkan form isian guna melengkapi data direktori pengguna opensource di tanahair.

    Terimakasih banyak bantuannya.
    admin dosi

  17. bgung_dS Balas

    @Wawan HS / Yudi: nanya boleh gag?? nanti setelah didaftar trus mau diapain?? apa tiap bulan akan dikirimin CD program-2 opensource gitu apa ya… πŸ˜€ ngarep mode.. on. xexexe

    kemudian kriteria opensource itu gimana. mozilla firefox itu open source lho. dan di jaman sekarang ini kayaknya hampir gag ada kompie yang ga diinstall mozilla firefox. baik di lingkungan win,lin maupun mac a k a cross platform.
    itu baru contoh kecil lho. belum lagi OOO, dan sederet program lainnya.bisa dgoogling sendiri untuk program opensource window$ ada lima puluh sekian program.

    hayo.. tatarannya apa nih… pengguna aplikasi opensource (mungkin OS nya closed source) atau pengguna OS opensource(jadi mungkin aplikasinya ada yang closed source) atau pengguna opensource murni(maksudnya OS dan aplikasinya semua opensource.. eh.. adobe acrobat reader opensource atau closed source ya… linuxq tak isi itu.)

    kemudian masalah e-mail…
    kayaknya bakalan susah mas untuk email ini kalo diminta dengan cara kayak gitu.

    maaf saya sedikit tergelitik melihat komen mas Wawan. bukan bermaksud untuk mewakili ataupun melangkahi mas hardi

    mungkin lebih bagusnya websitenya di selesaikan dulu dan di ‘up’ kan. baru kemudian dipromosikan.

    demikian
    terima kasih

    bgung
    dreamSyber

  18. haris Balas

    saya pengguna linux pertama dan pertama kali pula saya memakai zencafe pada warnet pertama yang saya dan kawan2 saya buka…. keren seru.. semuanya serasi dan cocok.. memang sih ada beberapa kendala, akan tetapi kelebihan lebih-lebih pak…

    terima kasih untuk Zencafenya..

    saran :
    – untuk tutorial dikumpulkan pada satu web/ apalah… biar mudah mencarinya
    – klo bisa semua software untuk zencafe juga seperti itu..

    jadi… dikelompokkan seperti ditaruh disebuah rak yang kita bisa mudah untuk meniliknya…

    sekali lagi… maju terus Zencafe, maju terus Linux Indonesia..

  19. Taufiq Balas

    Saya pengguna Linux sejak kuliah, tapi memang jarang tampil di inet. Awalnya menggunakan Linux hanya untuk kelas server saja. Tapi 2 tahun (sejak kemunculan ubuntu) terakhir ini untuk desktop saya pure memakai LinuxMint, tp untuk server teteeeppp redhat base :D. Go linux go ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *