Bikin Minimalis Centos Server

Bukannya ape-ape, kadang suka ada yang nanya sama ane, “Bang, cara bikin server yang baik gmn seh?”. Jawabannya simple, install aplikasi seminimal mungkin, servicenya juga.

Nah, abis gitu pasti bakalan muncul lagi pertanyaan, “trus server yang minimalis ntu kek gimana bikinnya?”. Biar ga berbusa ngejelasinnya, baiknya ane tulis aja disini, biar sapa tau ada temen-temen yang juga pengen nyoba-nyoba bikin server minimalis.

Bukannya ane ga cinta Slackware, cuman berhubung pengguna Enterprise lebih suka pake Redhat, ditambah lagi kebetulan ane ga punya Redhat, jadi disini ane ngasih taunya pake Centos yang emang sama moy nya dengan Redhat. So, let’s begin 😀

Buat nginstall minimalis yang dibutuhin cukup CD #1 (di versi 5.6, CD yang dipake cukup CentOS-5.6-i386-bin-1of7.iso)

Nyalain komputernya biar bisa booting dari CD-ROM, ga usah ane sebutin deh langkahnya, ane rasa rata-rata bisalah ngerubah biar default bootingnya CD-ROM. Pada saat komputer boot dari CD-ROM yang udah ada Centos CD #1nya, ntar bakalan muncul prompt boot: disini ketik “linux text” bukannya apa-apa, buat apaan juga pake GUI, orang cuma mo install server, lagian jadi lebih cepet loadingnya 😀

Ikutin semua langkah-langkah installasi sampe ntar muncul tampilan buat milih paket yang pengen di install. Matiin semua centangan disini, klo ga mo repot bisa dengan cara menekan “-” sambil scroll kebawah. Lanjutin langkah installasi, abis tu beres deh.

Klo tersambung keinternet jangan lupa di updet pake perintah “yum update” biar paket yang terinstall otomatis terupdet. Tinggal tambahin deh paket yang dibutuhin dengan cara “yum install namapaket”.

Gampang kan? Selamat mencoba 😀

3 thoughts on “Bikin Minimalis Centos Server

  1. tulkenyut Balas

    tolong dong, udah di uncheck semua pilihan paket nya tapi kok masih minta CD #3 ya

  2. Arie Iswadi Balas

    Jika versi minimalisnya diinstall secara virtual, lebih enak mana mas antara VmWare dan VBox. trims

    • A. Hardiena Balas

      Sama aja, Di VmWare bisa di VBox juga bisa 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *