Kampanye Linux/Open Source ala BeLL alias KPLI Bekasi

Udah lama ga ngeblog, baik karena kesibukan yang makin kronis juga karena beberapa waktu lalu ada masalah dengan hostingan yg solve baru-baru aja setelah di install ulang wordpressnya. Pengen cerita soal ILC, ga punya cerita, berhubung pas ILC ada halangan dan ga bisa hadir, sayang bener emang, tapi apa mau di kata. Kali ini ane sedikit cerita tentang kegiatan BeLL alias KPLI Bekasi baru-baru ini, cukup unik karena kegiatannya bukan kegiatan seminar atawa workshop seperti biasanya melainkan melakukan touring Bekasi-Cisarua klo…

Zencafe 2.2, Next level for your Internet Cafe…

What’s? Internet Cafe pake OSS? Kenapa ngga? Bukan soal gratisannya, pake OSS bisa dikatakan solusi terbaik dan efisien untuk komputer publik semacam warnet, rendah biaya, minim perawatan dan ga bikin pusing. Klo dilihat dari segi biaya pembelian software, dengan menggunakan OSS modal bisa di tekan, coba deh oret-oret dikit, berapa yang harus kita keluarkan untuk membeli software di warnet, beli Windos, beli Office, beli antivirus, Photosop, dan kawan-kawannya. Dari segi hardware? sami mawon, Pentium 3 pun masih bisa di jadiin…

Manuver Penjegalan Open Source: Pemerintah Indonesia pilih kasih?

Menarik melihat tindak tanduk penjegalan terhadap perkembangan Open Source di Indonesia belakangan ini, baik dari pengaduan IIPA (Microsoft anggota BSA, dimana BSA adalah salah satu asosiasi anggota IIPA) kepada pemerintah Amerika untuk mencabut skema subsidi bebas-pajak GSP; yang telah membantu memperlancar masuknya ekspor Indonesia bernilai trilyunan rupiah dengan alasan pemerintah Indonesia melakukan penolakan terhadap produk dari Amerika dengan tidak membeli produk proprietary padahal tujuan penggunaan Open Source adalah untuk menghemat anggaran negara yang notabene duit rakyat, perkara perusahaan open sourcenya…

Microsoft Exchange? why not Zimbra, Scalix or Zarafa?

Setelah sekian lama kompi yang biasa dipake buat oprek ga pernah di senggol2 karena seringkali keliling ditambah minimnya akses internet memadai buat update informasi. Akhirnya punya kesempatan juga buat update ni blog. Topik kali ini sedikit lebih berat, karena pada dasarnya hanya digunakan oleh kelas corporate, but it’s ok, we just want to show you there’s no reason to keep your old viruses box! There’s thousand tools that you can use than that’s one.  😛 Apa sih Microsoft Exchange? Kenapa…

Si cantik Ubuntu dan si bersahaja Slackware…

Ada joke yang mengatakan arti Ubuntu dalam bahasa Afrika adalah “Slackware is too hard for me”, temen2 Slacker juga ga pada mo kalah, ikut2an bikin juga arti dari kata Slackware dalam bahasa Afrika yaitu “Ubuntu is too easy for me”. This time, ane ga coba membandingkan antara kedua OS tersebut…. hmm… ga membandingkan seh sebenernya, sekedar review berdasarkan apa yang ane rasakan selama pake kedua OS tersebut dan reviewnya bukan review serius, just for fun aja… Ubuntunya di wakili si…

Pertemuan Warnet Linux Nasional 24 Juli 2009

Guna meningkatkan eksistensi warnet berbasis Linux, AWALI (Asosiasi Warnet Linux & Open Source Indonesia) mengadakan pertemuan warnet Linux nasional di: Ruang Komisi I Gedung 2 BPPT Lantai 3 Jl. MH. Thamrin No. 8 Jakarta 08:30 – selesai Jumat, 24 Juli 2009 Insya Allah acara ini bertujuan untuk menampung dan mendiskusikan aspirasi temen- temen warnet Linux yang hadir sehingga di harapkan dapat dicari solusi yang tepat terhadap masalah yang di hadapi temen-temen warnet Linux di daerahnya masing- masing. Peserta diharap datang…

Branding your Internet Cafe Business

Sebagai pengusaha warnet, kadangkala kita tidak terlalu berpikir panjang tentang promosi dan branding. Yang penting pelanggan dateng, komputer terisi semua, setoran cukup itu sudah sebuah kepuasan buat kita selaku pengusaha. Namun benarkah demikian? Di setiap seminar, ataupun ketemu dengan temen-temen warnet (khususnya warnet2 Linux) ane selalu menekankan bahwa bisnis warnet bukanlah bisnis sistem operasi, bisnis warnet adalah bisnis jasa, mau pake OS windos kek, OS linux kek atau OS macintosh sekalipun selama mindset kita blum beranggapan bahwa bisnis warnet adalah…

Monitoring Internet Cafe anda dengan Webcam Streaming!

Bingung memantau warnet banyak tapi lokasinya berjauhan? kenapa bingung? intip aja aktivitas yang sedang terjadi di warnet ente. Software nya? Wuaaah jangan ditanya… dari yang paling simple sampe yang paling ngejelimet ada… Pengen yang super gaya kek di ruangan2 security di mall2 atau di hotel2? Ente bisa pake ZoneMinder! Atau pengen yang super simple dan ga boros resources? Banyak juga pilihannya… dari pake yang namanya CamStream sampe yang aneh2. Dari yang streaming langsung uplut ke webserver atau yang ga makan…

Zencafe 2.0 has been released

Setelah beberapa waktu disibukan banyak hal termasuk menyiapkan rilisnya Zencafe 2.0, sampe2 ga sempet nulis2 blog akhirnya rampung juga… Zencafe 2.0, generasi selanjutnya dari sistem operasi komputer yang di khususkan untuk warnet diluncurkan bertepatan dengan pemilu legislatif tanggal 9 April kmaren di Tegal bersama dengan temen-temen warnet anggota AWALI (Asosiasi Warnet Linux & Open Source Indonesia) yang ada disana. Dengan tetap membawa misi yang sama yaitu me-Linux-kan dan melegalkan warung-warung internet di Indonesia, Zencafe tampil lebih atraktif dengan fasilitas2 baru…

Iklan Open Source Software ala Indonesia

Terus terang aja ane seh belum pernah liat iklan open source nongol di layar TV Indonesia. Padahal TV bisa dibilang sangat memasyarakat di Indonesia dan sangat banyak penggemarnya, buktinya setidak bermutu bermutunya kebanyakan sinetron di Indonesia, tetep aja ada yang tayang tengah malam buta yang klo di pikir sapa seh yang mo nonton tu sinetron jam 2 atau 3 pagi? Tapi toh tetep tayang, tandanya sedikit banyak ada yang nonton tu sinetron. Partai-partai pun bersedia menghabiskan milyaran rupiah untuk dapat…