Zencafe 2.2, Next level for your Internet Cafe…

What’s? Internet Cafe pake OSS?

Kenapa ngga? Bukan soal gratisannya, pake OSS bisa dikatakan solusi terbaik dan efisien untuk komputer publik semacam warnet, rendah biaya, minim perawatan dan ga bikin pusing.

Klo dilihat dari segi biaya pembelian software, dengan menggunakan OSS modal bisa di tekan, coba deh oret-oret dikit, berapa yang harus kita keluarkan untuk membeli software di warnet, beli Windos, beli Office, beli antivirus, Photosop, dan kawan-kawannya.

Dari segi hardware? sami mawon, Pentium 3 pun masih bisa di jadiin mesin duit, konon temen ane dari Banyumas pernah cerita klo cukup modal sepuluh jeti udah bisa buka warnet, hmmm…. (bukan ane lho, tapi terus terang klo ente mau modal sepuluh dua puluh jeti mang masuk di akal buat buka warnet, dengan catatan pake Linux.)

Itu baru dari soal harga, bicara dari soal nginstallnya? Hmmm… Install normal ya (jangan bicara pake Ghost, walaupun di Linux juga ada sopwer kek ginian), sekali install Linux (Zencafe) udah langsung ke install semua aplikasi yang dibutuhin, OS, aplikasi Office, billing, dan lain-lain, semua bisa selesai dalam waktu 15 menit. Beda banget klo kita nginstall Windos, Windosnya aja udah makan waktu, blom masukin driver, blom masukin Office, blom masukin Anti virus, kebayang deh….

Dari segi perawatan? Linux jauh lebih mumpuni, user nyolok-nyolok flesdis ga perlu ngerasa was-was, ga perlu takut soal virus, kemungkinan komputer rusak gara-gara virus pun jadi hilang, bukan berarti Linux ga ada virus, cuman jumlahnya sangat sedikit (juga bukan karena blom banyak yang pake Linux virus jadi sedikit, tapi emang sistem pengamanan di Linux jauh lebih mantap). Blom kasus komputer jadi lelet, silahkan tanya temen-temen yang warnetnya pake Linux, seberapa sering dia harus maintenance warnetnya? pastinya jauh lebih santai dibanding warnet pada umumnya.

Soal game? game di Linux ga kalah canggih, bahkan banyak yang jauh lebih keren. Cuman kebanyakan orang salah presepsi, mereka beranggapan Game di Windos sama dengan Game di Linux, padahal bukan seperti itu, walaupun emang sebagian game Windos bisa dijalankan di Linux dengan menggunakan Wine ini yang sering bikin orang mentok. Coba deh buka di LinuxGamesβ„’ (http://www.linuxgames.info.tm) pasti bakalan ngiler.

Zencafe sendiri adalah salah satu dari sekian banyak distro Linux yang bisa ente pilih, kelebihan distro ini ente ga perlu nambah-nambah aplikasi lagi, cukup sekali install semua aplikasi warnet sudah terpenuhi, klo mo ada gamenya tinggal donlot deh dari Repositorynya.

Zencafe 2.2, versi terbaru dari Zencafe ini di disain untuk dapat beroperasi di komputer Pentium 3 dengan memori 128mb. Enteng kan? Selain itu, Zencafe 2.2 udah membawa aplikasi-aplikasi terbaru seperti OpenOffice 3.2.1, Pidgin 2.7.1, Firefox 3.6.6, Billing Warnet Mkahawa, Autorecovery (semacam deepfreeze), dan masih banyak lagi. Selamat ber Open Source ria! Selamat memiliki warnet berbiaya rendah dan minim perawatan πŸ˜‰

Zencafe bisa di unduh dan di download di http://www.zencafe.web.id

18 thoughts on “Zencafe 2.2, Next level for your Internet Cafe…

  1. gadgetboi Reply

    pertamax! :mrgreen:

  2. gadgetboi Reply

    sayang kang πŸ˜₯ ane belom juga bisa menikmati zencafe ini … kok susah banget yak nyari warnet ente di bekasi? :mrgreen:

  3. Anang Arif Reply

    Makasih kang hardi, sudah hampir 3 tahun ini daku pake zencafe, mulai dari versi 1.2 terus terakhir 1.4d. Aku sengaja gag pake yang versi 2.0, karena menurutku ‘berat’ banget. Nah aku kemaren coba yang versi 2.2RC koq ‘enteng’. Selamat dan terimakasih buat akang. Aku ijin sedot yang ini. Wassalam

  4. A. Hardiena Reply

    @gadgetboi, yakin dah di liat alamatnya sesuai ma yang di http://www.xentra.web.id ? Patokannya seh warnet yg deket ente tu Xentra Duren Jaya yang di Perum BJI Cerewed, Depan Indomart. dari sekolahan Ananda lurus sekitar 500 meter ada perumahan kekiri…

    @Anang Arif, silahkan kang… Waalaikumsalam πŸ˜‰

  5. gadgetboi Reply

    tak coba lagi yah kang :mrgreen: semoga enggak tersesat πŸ˜†

  6. Genta Reply

    Gan mau nanya nih..apa zencafe bisa dipakai sebagai server atau hrs pake distro laen..??sy baru mau buka wnet dgn zencafe cm msh binun dgn server yg mau di pake….

  7. Tianshi Indonesia Reply

    salam kenal, terima kasih informasinya pak

  8. Anang Arif Reply

    setting network nya gimana mas…, aq bingung je….., beda dengan pendahulunya

  9. gunawan Reply

    Assalamualaikum,.

    salam kenal mas, saya baru aja buka warnet dan semuanya pake zencafe 2.0. ternyata semakin mendalami dan ngoprek2 semakin saya ndak mengerti.. hehehe.. maklum masih newbie mas..
    oya, ada 1 pertanyaan mas, apakah awali masih jalan mas, saya pernah register tapi ko ga pernah bisa login? ingin banyak belajar disitu, ingin tanya2 pada para pakar, mengikuti jejak sampean. disitu banyak tutorial, tapi ko banyak tidak berhasilnya… hehehe…
    duh, jadi panjang gini.. salam kenal ja mas

  10. hajime Reply

    Zencafe 2.2 sudah saya pakai di warnet saya mas, thank’s. Saya masih menemukan beberapa bug, tapi sejauh ini tidak begitu berarti. Tak ada software yang 100% sempurna πŸ™‚

  11. hajime Reply

    Mas, saya mau bertanya lagi, ada tidak driver nvidia ge-force 2/4 mx support opengl yang bisa jalan di Zencafe 2.2 ? Soalnya driver standar kurang enak, sering ngehang kalau buka FB atau page web dengan flash media. kalau ada drivernya yang bisa opengl kan enak.

  12. kahfiehudson Reply

    ga taunya udah jadi temen di facebook saya πŸ˜€

  13. Abdul Rohim Reply

    aku dah coba pk zencafe tp ada troble…pas lg login Password sm Username ada pesan “Password sudah digunakan Silahkan Hubungi Adminstrator” apa da yg slsh pas Instal’y??? Thank’s ya Pak

  14. rezaind Reply

    Salam kenal mas, mas saya baru install ZC yang 2.2 tapi kok gak langsung coneck internet ya…., bagaimana caranya mas

  15. Ghibran Reply

    mas, install epson stylus T11 gimana ya…? udah di cobain semua yang ada di gutenprint ga da yang sukses, mo di masukin tapi ga mau ngeprint, ada yang ngeprint keluarnya cuma ngeblok hitam satu halaman penuh…

  16. Mas Londho Reply

    Semakin menambah keyakinan saya untuk tekun di dunia Linux.

    Teman di fb (Mas Londho) πŸ˜€

  17. Atha Reply

    Mas mau nanya, cara update gtk+ di ZC 2.2 gimana yah? Mau nyobak install gbilling 1.2, mintanya gtk minimal 2.189, di zc 2.2 gtk+nya baru 2.187.
    udah nyobak update gtk+ via netpkg malah error, jadi kepaksa install ulang ZCnya.
    Kalo pake paket tgz, gtk yang baru diinstall ndak terdeteksi oleh system.
    Anyway makasih banget buat software ZC 2.2nya!

  18. yudi bogor Reply

    kenapa saya selalu gagal saat install zencafe baik ver 2.0 maupun 2.2
    gagal nya pada saat saat setting up X server dan X11 mohon pencerahannya

    saya install pake “auto install”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *